PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI AKUNTANSI INTERNASIONAL

NAMA      : SYARIF SAEFULLAH (4EB21)

NPM         : 26210788

MATKUL : AKUNTANSI INTERNASIONAL

Akuntansi memberikan informasi mengenai suatuperusahaan dan transaksinyauntuk memfasilitasikeputusan alokasi sumber daya oleh para penggunainformasi tersebut. Akuntansi internasional tidaklahberbeda dari peranan yang dimaksudkan, yangmembuat studinya berbeda adalah bahwa perusahaan yang dilaporkan adalah perusahaanmultinasional (multinasional company-MNC) dengan operasi dan transaksi yang melintasi batas-batasnegara, atau suatu perusahaan dengan kewajibanpelaporan kepada para pengguna yang berlokasi dinegara selain negara perusahaan pelaporan.

  SUDUT PANDANG SEJARAH

  • Pembukuanberpasangan(double entry bookkeeping) bermula di negara Italiapada abad ke-14 dan 15. Pembukuan ala Italia kemudian beralih ke Jerman,Belanda dan Perancis.
  • Inggris Raya, pada tahun 1850-an tumbuh masyarakat akuntansi dan suatuprofesiakuntan publik yang terorganisasidi Skotlandia dan Inggris selama tahun1870-an.
  • Model akuntansi Inggris menyebarluas tidak hanya di seluruh Amerika Utara,tetapi juga di seluruh wilayah PersemakmuranInggris. Model AakuntasniBelanda diekspor ke Indonesia, Akuntansi Perancis menempati polinesia danwilayah-wilayahAfrika yang ada di bawah pemerintahann Perancis, sedangkan Akuntasni Jerman mempengaruhi Jepang, Swedia, dan KekaisaranRusi.
  • Pada abad ke-20, seiring dengan tumbuhnya kekuatan ekonomi AmerikaSerikat,muncul masalah-masalahakuntansi secara bersamaan. Masalah semakin rumit setelah perang dunia II.
  • Di banyak negara, akuntansi tetap merupakan masalah nasional. Untukmengatasimas alah akuntansi tersebut, usaha-usahainstitusi untukmempersempitperbedaan dalam pengukuran, pengungkapan, dan prosesauditing di seluruh dunia semakinintensif dilakukan.

SUDUT PANDANG KONTEMPORER

Terdapat juga faktor tambahan yang turutmenambahpentingnya mempelajari akuntansiInternasional. Faktor-faktorini tumbuh daripenguranganyang signifikan dan terus menerushambatanperdagangan dan pengendalian modal secara nasional yang terjadi bersamaan dengankemajuan dalam teknologi informasi Pertumbuhan dan Penyebaran Operasi Multinasional.

Meledaknya arus investasi asing langsungke negara-negara berkembangsejak awal tahun 1990-an menunjukkan bahwa MNC semakin menyadaribahwa negara-negara tuan rumah (host countries) menjadi lokasiinvestasiyang menarik.

Ada beberapa masalah yang kan dihadapi manajer keuangan danakuntan ketika dilakukannya operasi di luar negeri yaitu masalah penyajian dari sekelompok prinsip, kurs matauang, pengaruhkompleksitaslingkunganpengukuran akuntansi, kemudian perpajakan internasional dan penentuan harga transfer.

KOMPETISI GLOBAL

Penentuan acuan (benchmarking), suatutindakan untuk membandingkan kinerja satupihak dengan suatu standar yang memadai,bukanlah hal yang baru. Yang baru adalahstandar perbandingan yang digunakan kinimelampaui batas-batas nasional.

INTERNASIONALISASI PASAR  MODAL

Tiga wilayah pasar ekuitas terbesar yaitu:

1.AmerikaUtara

EkonomiAS dan pasar sahamnya mengalami pertumbuhan tanpahenti selama tahun 1990-an. Pada tahun 2000, baik NYSE maupunNasdaq mendominsi bursa efeklain di seluruh dunia.

2.Asia

Republik Rakyat Cina (Cina) muncul sebagai perekonomianglobalutama dan negara-negara Macan Asia mengalami pertumbuhandan pembangunan yang fenomenal.

3.Eropa Barat

Perluasan ekonomi secara signifikan turut menyumbangkanpertumbuhanpasar ekuitas eropayang cepata selama paruh keduatahun 1990-an. Faktor terkait di Eropas Kontinental adalahperubahanperlahan menuju orientasi ekuitas yang sudah lamamenjadiciri-ciri pasar ekuitas London dan Amerika Utara

PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI

Kita akan dapat memahami dengan lebih baik sistem akuntansi suatu Negara dengan mengetahui faktor-faktor dasar yang mempengaruhi perkembangannya. Klasifikasi merupakan dasar untuk memahami dan menganalisis mengapa dan bagaimana sistemakuntansi nasional berbeda-beda.

PERKEMBANGAN

Terdapat delapan faktor yang memiliki pengaruhsignifikan dalam perkembangan akuntansi:

1. Sumber Pendanaan

2. Sistem Hukum

3. Perpajakan

4. Ikatan politik dan ekonomi

5. Inflasi

6.Tingkat Perkembangan Ekonomi

7.Tingkat Pendidikan

8. Budaya

KLASIFIKASI

Terdapat 2 Metode klasifikasi :

1. Klasifikasi dengan pertimbangan

2. Klasifikasi secara empiris

4 PENDEKATAN TERHADAP PERKEMBANGAN AKUNTANSI

1. Berdasarkan pendekatan makro ekonomi  praktik akuntansi didapatkandari dan dirancang untuk meningkatakan tujuan makro ekonomi nasional.

2. Berdasarkan pendekatan mikro ekonomi, akuntansi berkembang dari prinsip-prinsip mikroekonomi.

3. Berdasarkan pendekatan independen, akuntansi berasal dari praktik bisnis dan berkembang secara adhoc, dengan dasar perlahan-lahan dari pertimbangan,coba-coba dan kesalahan.

4. Berdasarkan pendekatan yang seragam,akuntansi distandarisasi dan digunakan sebagai alat untuk kendali administrasi oleh pemerintah pusat

Sumber:

http://www.scribd.com/doc/38373176/Perkembngan-Dan-Klasifikasi-Akuntansi-Internasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s