BAHASA SEBAGAI JATI DIRI

Berbicara mengenai bahasa, kita pasti berpikir bahasa merupakan alat komunikasi antara seseorang yang satu dengan yang lainnya. Spooky-1999 mengatakan Bahasa merupakan ciri utama dari identitas manusia serta simbol nasional dan identitas etnik yang kuat. Ketika mendengar seseorang berbicara, kita dapat langsung menduga gender, level pendidikan, umur, profesi dan asal orang tersebut. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa bahasa merupakan jatidiri setiap manusia sebagai alat bersosialisasi dalam bermasyarakat dan mempersatukan tujuan.
Dalam lingkup lebih besar bahasa di gunakan oleh sebuah bangsa atau Negara sebagai bahasa nasional. Tujuannya tidak lain yaitu sebagai alat pemersatu dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap Negara mempunyai bermacam macam suku bangsa oleh karena itu bahasa nasional diperlukan sebagai alat menjembatani perbedaan bahasa antar suku tersebut.
Di Indonesia sendiri bahasa nasional kita adalah bahasa Indonesia. Indonesia sendiri kaya akan beragam suku bangsa yang mempunyai bahasa masing-masing. Apabila kita hanya menggunakan bahasa masing-masing daerah tanpa adanya bahasa pemersatu maka tidak akan ada komunikasi terjalin dan bahkan kesatuan suatu negara tidak akan terjalin.
Bahasa merupakan jati diri, kita sendiri harus menjunjung tinggi bahasa kesatuan kita dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun saat ini sering kita temui kaum muda kita yang menggabungkan penggunaan bahasa asing dalam berkomunikasi. Bahasa asing memang penting kita kuasai juga di era globalisasi ini namun kita harus bijak dan pada tempatnya dalam menggunakannya jangan sampai bahasa asing terus menggerus bahasa kesatuan kita yang merupakan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. Akibatnya sekarang banyak kosakata baru yang berasal dari bahasa asing sementara bahasa indonesia baku sendiri masih banyak orang Indonesia belum paham dan mengerti semua.
Wilayah Indonesia sangat luas banyak kita jumpai orang yang berada di daerah tidak bisa menggunakan bahasa nasional padahal mereka adalah warga Negara Indonesia, apa yang salah? Perlu adanya langkah kongkrit dari kita semua dan mereka yang ahli dalam bahasa, terutama pemerintah untuk memberikan pengarahan dan membuat program untuk mengatasinya. Banyak pendekatan yang bisa ditempuh untuk membuat semua orang Indonesia menguasai bahasa kesatuannya mulai dari penyuluhan pentingnya menguasai bahasa nasional, maupun dengan program belajar “mari kita berbahasa Indonesia dengan baik dan benar” dan banyak cara lainnya yang bisa ditempuh agar semua warga Indonesia menguasai bahasa nasional mereka sendiri.
Semuanya bisa di mulai dari kita pribadi, di mulai dengan kesadaran bahwa pentingnya menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita. Jadi kita harus bangga dengan bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa, satu bahasa kita, dan sebagai jati diri kita, jati diri bangsa kita Indonesia.

Apabila ada kesalahan dalam berkata mohon di benarkan kita semua dalam proses belajar, terimakasih.
Penulis
Syarif saefullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s