Pemasaran

Pemasaran

A. Pengertian dan konsep pemasaran

1. Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yangditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Jadi, pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang penjualan, perdagangan, dan distribusi.

 

2. Penciptaan Faedah bagi Konsumen

Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah Produksi dan konsumsi. Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Ada 4 faedah yang diciptakan kegiatan pemasaran:

1.      Faedah Waktu

2.      Faedah Tempat

3.      Faedah Milik

4.      Faedah Informasi

 

3. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.

 

4. Pendekatan Studi Pemasaran

Pemasaan dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan yaitu:

Pendekatan serba fungsi (Functional Approach)

Pendekatan serba Lembaga (Institutional Approach)

Pendekatan serba Barang (Commodity Approach)

 

 

Pendekatan serba manajemen (Managerial Approach)

Pendekatan serba system (Total system Approach)

 

B. Struktur Organisasi Pemasaran

Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan ke dalam dua sub bagian, yaitu :

–          Sub bagian perencanaan pemasraan dan pelayanan staf pengunjung

–          Sub bagian penjualan umum

 

C. Pasar

Pasar adalah orang orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

1. Macam macam Pasar

Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokkan ke dalam 4 golongan yakni,

–          Pasar Konsumen

–          Pasar Industri

–          Pasar Penjual

–          Pasar pemerintah

 

2. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan satuan pasar yang bersifat homogen.

 

D. Marketing Mix dan produk

1. Pengertian Marketing Mix

Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan, yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system distribusi.

 

 

 

2. Pengertian Barang

Barang atau produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

 

3. Penggolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritannya

– Barang tahan lama

– Barang tidak tahan lama

– Jasa

 

4. Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian

a. Barang Konsumsi:- Barang konvenien

– Barang Shopping

– Barang special

b. Barang Industri:- Bahan baku

– Komponen dan barang setengah jadi

– Perlengkapan operasi

– Instalasi

– Peralatan ekstra

 

6. Merk

Brand adalah suatu nama, istilah symbol, atau disain, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok  penjual dan untuk membedakannya dari barang barang yang dihasilkan oleh pesaing.

 

 

 

 

E. Saluran pemasaran

1. Pengertian saluran distribusi

Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barangtersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.

 

2. Alternatif saluran distribusi untuk barang konsumsi dan barang industri

Perantara adalah individu lembaga bisnis yang beroperasi di antara produsen dan konsumen atau pembeli industri. Adapun macam macam perantara yang ada :

1.      Pedagang besar

2.      Pengecer

3.      Agen

 

3. Saluran distribusi ganda

Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distrbusi yaitu:

–          Jenis barang yang dipasarkan

–          Produsen yang menghasilkan produknya

–          Penyalur yang ikut mengambil bagian

–          Pasar yang dituju

 

F. Penentuan harga

1. Pengertian harga

Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatakan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.

 

2. Faktor factor yang mempengaruhi tingkat harga

–          Keadaan perekonomian

–          Penawaran dan permintaan

–          Elastisitas permintaan

–          Persaingan

–          Biaya

–          Tujuan perusahaan

–          Pengawasan pemerintah

 

3. Metode metode penetapan harga

–          Penetapan harga biaya plus

–          Penetapan harga mark-up

–          Penetapan harga break even

–          Penetapan harga dalam hubungannya dengan pasar

 

G. Promosi dan periklanan

1. Promosi

Adalah arus informasi atau persuasi arah yang dibuat untuk mengarahkan seorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalm pemasaran.

 

2. Periklanan

Adalah komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagi media yang dilakukan oleh perusahaa, lembaga non laba, serta individu individu.

 

H. Personnal selling, promosi, penjualan dan publisitas

1. Personal selling

Adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

 

2. Promosi penjualan

Promosi penjualan hanya merupakan satu kegiatan dalam promosi  yang menggunakan alat alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang, dll.

 

 

3. Publisitas

Hampir sama dengan periklanan, publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita.

 

Daftar Pustaka

1.      Sukotjo, Ibnu W, SE. Pengantar Bisnis Modern.Yogyakarta : Liberty Yogyakarta. 1988

2.      Allen, Louis A. Manegement and Organization. Tokyo : McGrawhill kogakusha Ltd. 1972

3.      Dharmmesta, Basu Swastha. Azas-Azas Manajemen Modern. Yoyakarta : Penerbit Liberty. 1984

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s